Rabu, 05 November 2014

Latar Belakang PHP

  • Sejarah PHP
PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrogaman yang ditempatkan dalam server dan di proses dalam server. Hasilnya yang dikirimkan ke klien,tempat pemakai menggunakan browser.
PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis. Artinya ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Perlu diketahui bahawa PHP dapat dipakai secara command line. Artinya, skrip PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun browser.
Awal terciptanya PHP bermula saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skrip Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat daftar riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1949. Skrip-skrip ini lalu dikemas dengan tool yang disebut "Personal Home Page". Paket inilah  yang menjadi cikal bakal PHP.


Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/FI Versi 2. Pada versi inilah progam dapat menempelkan kode terstruktur pada tag HTML. Yang menarik, PHP juga dapat berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks sambil jalan.
PHP besifat free, bisa didownload di link yang menyediakan PHP tersebut.

  • Script PHP
Skrip PHP dapat dijalankan di aplikasi apa saja yang mendukung bahasa PHP,sperti Dreamweaver,Notepad++,Bluefish,dll.
Kode PHP diawali dengan <?php dan di akhiri dengan ?> . Pasangan kedua inilah yang berfungsi sebagai tag kode PHP. Hasilnya dikirim ke browser.

Contoh (menggunakan aplikasi DREAMWEAVER)





0 komentar:

Posting Komentar